Pembuatan Media Pembelajaran dengan Komputer

Kebutuhan teknologi informasi dewasa ini telah berkembang pesat. Teknologi informasi bukan hanya sebagai media entertainment atau komunikasi tetapi dapat digunakan untuk menvisualisasi isi pelajaran atau konsep yang terkadang sukar diterangkan dalam buku. Melalui teknologi ini kita dapat mendesain suatu media pembelajaran yang lebih menarik dan lebih dinamis, isi pelajaran yang panjang dapat diringkas atau digambarkan sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Namun sayang, sebagian besar pelaku pendidikan hampir belum memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung metode pembelajarannya. Padahal teknologi hardware dan software multimedia sudah bukan barang mewah lagi di kalangan mereka.

Berdasarkan uraian di atas maka pada kesempatan ini akan dibahas tentang konsep dasar dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan komputer dalam pembelajaran matematika, sejalan dengan proses pembelajaran secara menyeluruh melalui tahap sebagai berikut :

1. Tahap Persiapan

a.       Mencari ide/gagasan

Pemilihan ide dalam pembuatan media pembelajaran harus diperhatikan, karena tidak semua materi pelajaran matematika harus dimasukkan dalam media pembelajaran. Materi yang dipilih hendaknya materi yang sulit dipahami oleh mahasiswa dan sifat dari materi berupa suatu proses atau berbentuk gambar-gambar, sehingga dapat divisualisasikan menjadi gambar  bergerak ke dalam komputer. Contoh mata pelajaran Geometri.

b.      Memperkaya materi melalui internet dan pengumpulan sumber cetak

Materi yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran sudah kita pilih, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan berupa tulisan atau gambar baik melalui internet atau dari sumber buku-buku mata pelajaran matematika.

c.       Membuat outline

Outline perlu dibuat sebagai panduan dalam proses pembuatan media pembelajaran. Pada outline ini akan tergambar urutan materi yang akan disampaikan secara sistematis.

d.      Membuat skenario sederhana.

Skenario merupakan cerita singkat dari awal sampai akhir proses materi yang akan disajikan dalam media pembelajaran. Misalnya Kubus diawali oleh pengenalan terhadap unsur-unsur, cara menggambar, Jaring-jaring, Luas Kubus dan volume, semuanya diceritakan dalam bentuk tulisan sedetail mungkin.

e.       Menentukan anggota Tim

Anggota Tim diperlukan untuk mempercepat proses pembuatan, hendaknya tim yang dibentuk terdiri dari multidisiplin ilmu (Matematika, Seni dan Komputer) dan anggota Tim harus memiliki kemampuan spesifik dan kompeten di bidangnya.

f.       Perencanaan Biaya

Faktor Biaya yang bertalian dengan  masalah pengadaan dan operasional media dalam pembelajaran.

·         Pertimbangan dari segi tujuan pembuatan media pembelajaran. Apakah media yang dipilih seimbang dengan hasil belajar yang diharapkan dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan?

·         Pertimbangan dari segi keadaan, apakah media yang dipilih tersebut sesuai dengan keadaan yang terdapat di kelas, pada kelompok mahasiswa yang akan menggunakannya.

      2.   Tahap Pembuatan

a.   Macromedia Flash MX merupakan sebuah software komputer yang digunakan untuk membuat animasi. Teknik pembuatan animasi pada Flash harus disesuai dengan materi yang akan dijadikan media pembelajaran.

b.   bersambung….

 

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: