Konsep Pembuatan Media Pembelajaran Geometeri dengan Macromedia Flash

Konsep Pembuatan Media Pembelajaran Geometeri dengan Macromedia Flash

Materi 1 Pembuatan Kubus

Oleh : Ahmad Rizal Abidin, S.Kom

 

kubus2Kubus merupakan bangun dimensi tiga yang terbangun atas kerangka kubus dan bidang, dimana  pertemuan sudut bidang satu dengan yang lainnya disebut titik sudut dan kerangka kubus terdiri dari beberapa rusuk yang merupakan pertemuan kedua sisi yang berupa ruas garis. Sementara bidang sering disebut sisi kubus yang  terdiri dari beberapa bidang yang kongruen dan memiliki dua sisi yaitu sisi datar dan sisi tegak.

Permasalah yang sering dihadapi pada saat seorang guru menjelaskan materi tentang unsure-unsur kubus adalah pada saat menggambar kubus di papan tulis tetapi yang terbuat adalah kerangka kubus dan untuk menjelaskan bidang dari kubus harus dibuatkan gambar tersendiri. Ini adalah satu permasalahan dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh seorang guru untuk menjelaskan materi tentang dimensi tiga.

Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mencari solusi permasalahan tersebut dengan cara membuatkan media pembelajaran dengan macromedia flash. Dengan menggunakan macromedia Flash konsep dari kubus itu dapat digambarkan dengan sebenarnya dimana pembuatan kubus itu dibangun berdasarkan kerangka kubus dan bidang. Adapun konsep dan langkah-langkahnya dalam pembuatan macromedia flashnya adalah :

a.    Aktifkan Macromedia Flash MX yang sudah terinstal di dalam computer.

Agar dalam membuat gambar kubus memang benar benar segi empat maka pada macromedia flash yang sudah aktif harus diaktifkan grid dengan cara : Klik View pada menu, klik grid dan klik Grid Show. Perlu diingat kelebihan dari macromedia Flash dalam membuat gambar khususnya geometri adalah karena ada fasilitas grid. Contoh sederhana pada saat kita menggambar kerangka bidang maka kita bisa menggunakan dengan line tool dan pada saat ujung garis satu bertemu dengan ujung garis yang lain seolah-olah ada magnet yang menarik dengan secara otomatis sehingga garis tersebut bertaut. Dan dengan adanya garis berpetak pada layar (grid) maka pembuatan kubus memang benar-benar segiempat.  

 

b.    Kembali kepermasalahan pembuatan kubus, di dalam macromedia flash pertama kali harus dibuatkan kerangka kubus, kerangka kubus dibuat dengan menggunakan line tool, perlu diingat kerangka kubus terdiri dari beberapa rusuk. Rusuk merupakan sebuah garis. Pembuatan kerangka kubus tidak dilakukan didalam satu layer, tetapi setiap rusuk harus dibuat pada layer yang berbeda. Kenapa demikian ?

 

c.     Apabila kerangka kubus sudah terbuat, berarti layer yang terbuat sebanyak jumlah rusuk didalam kubus yaitu 10 rusuk.

 

 

d.    Pembuatan bidang didalam kubus sama dengan cara pembuatan rusuk yaitu setiap bidang digambar pada satu buah layer. Bidang dibuat tidak menggunakan line tool tetapi menggunakan Rectagle tool, ini agar memudahkan dalam pembuatan  bidang tersebut.

 

e.    Bidang yang pertama kali dibuat adalah bidang belakang sesuai dengan lebar dari kerang kubus yang telah dibuat. Pada saat pembuatan bidang ini, kerangka kubus yang terbuat sebelumnya pada bagian tertentu akan tertutup. Apabila sudah selesai dalam membuat bidang, drag pada layer tempat gambar bidang dan letakkan paling bawah sekali.

 

Perlu diingat…

Posisi layer akan sangat menentukan sekali dalam pembuatan kubus maka harus hati hati dalam menyusunnya.

 

f.     Bidang berikutnya yang dibuat adalah bidang sisi kiri dengan menggunakan rectangle tool, pembuatannya dimulai dari sudut bidang belakang, bisa sudut atas ataupun sudut bawah, drag  dan sesuaikan lebar dengan kerangka yang terbuat sebelumnya, dan tingginya samakan dengan tinggi bidang. Setelah pembuatan bidang dengan rectangle tool sudah selesai maka selanjutnya drag sudut dari bidang tersebut untuk menyesuaikan dengan bentuk dari kerangka kubus. Geser layer dan letakkan di atas layer bidang belakang.

 

g.    Bidang berikutnya yang dibuat adalah bidang alas dengan menggunakan rectangle tool, pembuatannya dimulai dari sudut bidang belakang, bisa sudut atas ataupun sudut bawah, drag  dan sesuaikan lebar dengan kerangka yang terbuat sebelumnya, dan tingginya samakan dengan tinggi bidang. Setelah pembuatan bidang dengan rectangle tool sudah selesai maka selanjutnya drag sudut dari bidang tersebut untuk menyesuaikan dengan bentuk dari kerangka kubus. Geser layer dan letakkan pada posisi paling bawah.

 

h.    Dan untuk bidang depan, atas dan kanan (maksudkan sebelah kanan kita) buat dengan cara yang sama dengan pembuatan bidang sebelumnya, tetapi untuk fill color dibuat transparan atau nilai dari alpa pada mixer color dikurangi persentasinya sehingga bidang belakang kelihatan.

 

i.      Sekali lagi susun Posisi layer akan sangat menentukan sekali dalam pembuatan kubus maka harus hati hati dalam menyusunnya.

 

j.      Dan langkah terakhir adalah buat dimasing-masing sudut titik sudut dengan dengan menggunakan oval tool, buat yang kecil dan hilangkan garisnya/line.

 

Dari uraian diatas mungkin banyak yang bertanya, kenapa dalam pembuatan kubus dengan menggunakan macromedia flash, panjang dan ribet…..

Dengan cara melakukan langkah-langkah tersebut diatas, maka kita akan memahami unsur-unsur yang ada didalam kubus, sehingga apabila kita akan melanjutkan dengan pembuatan materi yang lainnya seperti penjelasan unsur-unsur kubus, Cara menggambar kubus, jaring-jaring, luas, volume maka  akan sangat mudah sekali…

tunggu materi selanjutnya….

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: