Dasar – Dasar Pemograman Java dengan Netbeans

Bahasa Pemograman Java

Java merupakan Pure Object-Oriented Programing Language yaitu bahasa pemograman berbasis objek murni. Berbeda dengan bahasa pemograman seperti  : Visual Basic, Visual Delphi, C++.

 

Konsep Objek Oriented Programing murni :

1.      Terdiri dari Class  didalamnya memuat attribute atau variable dan fungsi ataupun procedure.

2.      Procedure dan fungsi, variable tidak boleh berdiri sediri , harus di dalam Class

 

Contoh kasus :

Pada dasarnya manusia memandang dunia berdasarkan kelas, contohnya : kelas Manusia, kelas binatang, kelas tumbuhan, dsb.

Contoh kelas manusia :

Atribut                                     :  mata, telinga, tangan, rambut, badan, dll.

Procedure /fungsi         :  Makan,minum, mendengar, berfikir

 

Yang dikatakan dengan Objek adalah merupakan  individu dari kelas tertentu.

Contoh :

Kelas manusia

objeknya adalah Pak Ahmad, semua procedure, fungsi dan atribut yang dimiliki oleh pak ahmad merupakan kelas manusia.

Procedure dan fungsi selalu melekat pada dunia, tidak ada satupun atribut yang tidak memiliki kelas

Yang membedakan atribut satu dengan atribut lainnya adalah nilai dari atribut atau objek. Ada kemungkinan dari dua objek betul-betul sama.

 

Case-Sencitive

Java merupakan bahasa pemograman Case-Sencitive dan setiap akhir program harus diakhiri oleh titik koma (;).

 

Type data

1.      Int             : variable-variabelnya akan berisi bilangan-bilangan bulat

2.      Float         : variable-variabelnya  akan berisi bilangan pecahan

3.      Char          : variabel-variabelnya berisi sebuah  karakter saja,

4.      String        : variabelnya berisi kumpulan dari karakter (angka, huruf, symbol).

 

Syarat pembuatan variable

1.      Hanya terdiri dari abjad, angka dan underscore

2.      Karakter pertama harus abjad

3.      Tidak ada boleh spasi diantara variable

 

Komentar

Komentar adalah Bagian dari program yang tidak akan diproses oleh compiler java, cara penulisan komentar dapat dilakukan dengan cara  ‘//’ atau  /*….. */

 

Console :

Untuk menuliskan pesan dilayar :

System.out.println(“…..”)

 

IDE : Integrated Development  Environtment

Contohnya : Netbeans IDE 6.0, Euclipse, Sum One Studio, Borland  J++ Builder, 

 

Escape Characters

          Backslash (\)

          Indicates special characters be output

          \n : untuk ganti baris :

          \t :

          \r:

          \\:

          \”:

 

Contoh :

system.out.println(“Name\nama”);

Maka  akan menghasilkan nama baris berikutnya ama

Seharunya system.out.println(“Name\\nama”);

 

system.out.println(“\”nama”/”); bila proram dijalankan hasilnaya “nama”

 

Nama class harus sama dengan nama file

1 file hanya boleh isinya satu klass

 

Langkah-langkah Membuat program sederhana dengan Java (NetBeans IDE 6.0)

1.        Aktifkan NetBeans IDE 6.0

2.        Klik File, New Project,

maka akan terbuka kotak dialog New Project, pada menu Choose Project pada bagian Categories: pilih Java dan pada bagian projects: pilih Java Application klik tombol next. Selanjutnya tentukan Name and Location yaitu nama project dan di folder mana program akan disimpan.

Klik tombol Finish

 

3.        NetBeans akan membuka lembaran kerja project

Contoh- contoh program yang ada pada modul ini diketikkan pada pada lembaran kerja Main.Java

 

4.        Apabila sudah selesai mengetikkan program untuk melihat hasilnya dapat diklik menu Build dan Klik Compile “Main.Java”.

Keterangan dari compile tersebut akan ditampilkan di layar pada bagian kotak dialog Output JavaApplication… dengan keterangan seperti di bawah ini :

 

compile-single:

BUILD SUCCESSFUL (total time: 2 seconds)

5.        Untuk menjalankan hasilnya dapat di  klik Run pada menu dan pilih Run MyProject….

 

Contoh :

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication2;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        // TODO code application logic here

    }

 

}

 

Menampilkan Pesan

Agar pesan yang ditampilkan dilayar berada dalam windows maka harus ditambahkan perintah di bawah ini :

import javax.swing.JOptionPane;

Perintah untuk menampilkan hasil / output di window dengan perintah :

JOptionPane.showMessageDialog(null,”Welcome to Ahmad Rizal Abidin”);

 

Meminta Input dari User

Mengunakan GUI adalah JOptionPane.showInputDialog hanya memiliki 1 parameter yaitu pesan ke user untuk mengisikan input. Cara penulisanya adalah :

JOptionPane.showInputDialog(“Silahkan Masukan Nama Anda :”);

 

Lambang

JOptionPane.ERROR_MESSAGE

JOptionPane.INFORMATION _MESSAGE

JOptionPane.WARNING _MESSAGE

JOptionPane.QUESTION _MESSAGE

JOptionPane.ERROR_MESSAGE

 JOptionPane.showMessageDialog(null, “Ahmad Rizal Abidin”,”ANgkatan 9″,JOptionPane.ERROR_MESSAGE);

 

Menciptakan Variabel :

public static void main(String[] args) {

        String nama ;

        nama = JOptionPane.showInputDialog(“Silahkan Masukan nama anda :”);

        JOptionPane.showMessageDialog(null, “Ahmad Rizal Abidin” + nama,”Menyapa”,JOptionPane.ERROR_MESSAGE);

    }

Hasilnya adalah :

 

Fungsi

Fungsi untuk merubah dari string menjadi Integer digunakan perintah :

Integer.parseInt (…)

Contoh :

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

/*

 * Ahmad Rizal Abidin, S.Kom

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication4;

 

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        // TODO code application logic here

    String Jam;

    String Menit;

    String Detik;

    int number1;

    int number2;

    int Number3;

    int Jum1;

    int Jum2;

    int hasil;

    Jam = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Jam :”);

    Menit = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Menit :”);

    Detik = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Detik :”);

    number1 = Integer.parseInt(Jam);

    number2 = Integer.parseInt(Menit);

    Number3 = Integer.parseInt(Detik);

    Jum1=number1 * 3600;

    Jum2=number2 * 60;

    hasil = Jum1 + Jum2 + Number3;

    JOptionPane.showMessageDialog(null, “Jumlah Detiknya adalah : ” + hasil, “Results”,JOptionPane.PLAIN_MESSAGE );

    System.exit( 0 );  

    }

 

}

}

 

Aritmatik

()                      à  Parentheses

*, / dan &        à  Perkalian, PEmbagian, Modulus

+ atau –            à Penjumlahan, Pengurangan

 

Decision Making IF control structure

Bentuk penulisan :

If ( ….)

{

           

           
           

}

Instruksi kondisional, jika kondisi dalam keadaan true maka  instruksi dalam kurung dijalankan.

 

Operator pembanding

==        à samadengan

!=         à tidak sama dengan

>          à lebih besar

<          à lebih kecil

>=        à lebih besar sama dengan

<=        à lebih kecil sama dengan

 

Contoh  1 :

X = 1;

Y = 2;

If (x > 2)

{

            System.out.println(“Bina”);

}

System.out.println(“Jayanusa”);

 

Contoh 2:

X = 1;

Y = 2;

If (x > 2)

{

            System.out.println(“Bina”);

}

Else
{

System.out.println(“Jayanusa”);

}

 

 

Contoh 3 :

package javaapplication5;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        String inputbilangan;

        int bilangan;

        inputbilangan = JOptionPane.showInputDialog(“silahkan masukkan sebuah bilangan”);

        bilangan = Integer.parseInt(inputbilangan);

        if (bilangan % 2 == 0)

        {

            JOptionPane.showMessageDialog(null,”BIlangan Genab”,”Cek bil”,JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

        }

        else

        {

            JOptionPane.showMessageDialog(null,”BIlangan Ganjil”,”Cekbil”,JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

        }

        // TODO code application logic here

    }

 

}

 

Contoh 4 :

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication5;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

        String Suhu;

        int konversi;

        Suhu = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Suhu Air :”,”Input”);

        konversi = Integer.parseInt(Suhu);

        if (konversi > 100)

        {

            JOptionPane.showMessageDialog(null,”Gas”,”Konversi”,JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

        }

        else if (konversi > 20)

        {

            JOptionPane.showMessageDialog(null,”Cair”,”Konversi”,JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

        }

        else

        {

            JOptionPane.showMessageDialog(null,”Es”,”Konversi”,JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

        }

        // TODO code application logic here

    }

 

}

 

 

Perulangan (Iterasi)

Iterasi merupakan salah satu fungsi komputer yang paling sering dimanfaatkan manusia adalah untuk melakukan sesuatu yang sifatnya berulangulang. Mengulang-ulang tugas yang sama atau identik tanpa melakukan satu kesalahan pun adalah sesuatu yang dapat dikerjakan dengan sangat baik oleh komputer, tapi tidak oleh manusia. Java menyediakan beberapa fitur bahasa yang dapat memudahkan kita untuk membuat programprogram yang iteratif. Dua fitur yang akan kita lihat pertama adalah pernyataan while dan pernyataan for .

1.        Pernyataan While

Dengan pernyataan while , kita dapat menulis ulang countdown dengan cara

sebagai berikut:

 

Format instruksi :

While (…..)

{

            ……

            ……

            ……

};

Selama ekspresi kondisional bernilai true maka instruksi-instruksi di antara kurung kurawalnya, while akan dikerjakan terus. Didalam tanda kurung kurawal tidak boleh diberkan titik koma, karena proses belum selesai.

Contoh  1:

Int x;

X  =  1;

While (x  <= 3)

{

            System.out.println(“Ahmad”);

            X =  x +1;

}

System.out.println(“Rizal”);

 

Contoh 2: Menghitung Rata-rata

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication6;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

       int total,gradeCounter,gradeValue,Average,Jumlah;

       String grade;

       String JumGrade;

       total = 0;

       gradeCounter = 1;

       JumGrade = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan JUmlah Perulangan :”);

       Jumlah = Integer.parseInt(JumGrade);

       while (gradeCounter <= Jumlah){

           grade = JOptionPane.showInputDialog(“Enter Integer grade”);

           gradeValue = Integer.parseInt(grade);

           total=total+gradeValue;

           gradeCounter = gradeCounter + 1;

       }

           Average = total / Jumlah;

           JOptionPane.showMessageDialog(null,”Class average is : “+ Average,”Class Average”, JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

           System.exit(0);

       }

        // TODO code application logic here

    }

 

Contoh 3 : Faktor Bilangan

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication6;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

       int B,C,Jumlah;

       String E;

       String JumGrade;

       B = 1;

       E =” “;

       JumGrade = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Sebuah Bilangan:”);

       Jumlah = Integer.parseInt(JumGrade);

       while (B <= Jumlah){

           if (Jumlah % B ==0)

           {

               E = E + ” , ” + B;

           }

           B=B+1;

       }

       JOptionPane.showMessageDialog(null, E,”Hasil”, JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

       }

        // TODO code application logic here

    }

 

Contoh 4 : Faktorial

/*

 * To change this template, choose Tools | Templates

 * and open the template in the editor.

 */

 

package javaapplication6;

 

/**

 *

 * @author Ahmad

 */

import javax.swing.JOptionPane;

public class Main {

 

    /**

     * @param args the command line arguments

     */

    public static void main(String[] args) {

       int A,B,C,D,Jumlah;

       String E;

       String grade;

       String JumGrade;

       A = 1;

       B = 1;

       E =” “;

       JumGrade = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Sebuah Bilangan:”);

       Jumlah = Integer.parseInt(JumGrade);

       while (B <= Jumlah){

           A = A * B;

           E = E + ” , ” + A;    

           B=B+1;

       }

       JOptionPane.showMessageDialog(null, E,”Hasil”, JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

       }

        // TODO code application logic here

 

 

Bersambung …..

4 Responses

  1. mana netbeansnya y😛

  2. mohon ijin untuk menautkan blog bapak ke blog saya…

  3. waduh gan kok bersambung..? saya butuh pencerah lagi ini,, itu contoh2 d lanjutin dnk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: