Kenangan Belajar Media Pembelajaran

Kenangan Belajar Media Pembelajaran

Oleh: Ahmad Rizal Abidin, S.Kom

bioPada tahun 2002 penulis melanjutkan studi di STMIK Jayanusa Padang Sumatera Barat, dari sekian  banyak matakuliah yang penulis pelajari salah satunya yang sangat berkesan adalah perkuliahan Multimedia, materi yang diberikan adalah membuat animasi dengan menggunakan Swiss, sehingga penulis dapat membuat berbagai macam animasi dengan swiss.

Setelah selesai pendidikan S1, penulis masih rajin untuk membuat animasi-animasi seperti animasi pembuatan iklan yang ternyata tidaklah begitu sulit apalagi menggunakan Macromedia Flash. Hari berganti hari, akhirnya saya menghadapi kejenuhan setiap animasi yang terbuat begitu di pandang mungkin indah… tetapi kalau untuk dipahami ternyata tidak bermakna. Dari alasan tersebut penulis mulai berpikir untuk apa animasi itu agar menjadi bermakna.

Tahun 2005 tanpa disadari ternyata ada seorang dosen membuat penelitian tentang hypertext dalam pembelajaran matematika dan sudah dibuatkan dengan bahasa pemograman Visual Basic tapi belum sempurna, akhirnya saya dimintakan untuk membantu dan akhirnya selesai juga,… lumayan lah akhirnya dapat projek yang pertama di bidang media pembelajaran.

Dari Pengalaman tersebut penulis mulai tertarik untuk lebih mendalami tentang media pembelajaran yang lebih interaktif. Sudah sekian lama belajar tetapi belum mendapatkan hasilnya juga…, ternyata susah sekali mempelejari media pembelajaran. Kenapa ya… ?

Tahun 2006, Jurusan Biologi FMIPA UNP mendapat hibah kompetensi A2, dimana salah satu kegiatannya adalah penelitian berpayung antara dosen dengan beberapa orang mahasiswa. Saya memberikan usul kepada salah satu dosen di jurusan tersebut untuk mengangkat judul penelitian media pembelajaran biologi dengan computer. Karena rejeki akhirnya penelitian tersebut didanai, enggak banyak sih tapi bagi pemula lumayan…. Bisa untuk beli susu anak selama satu tahun ….. heheeheeee.

Masih pada tahun yang sama  kami mendapat penelitian baru tentang Mekanisme Fungsi Sistem Organ pada matakuliah Biologi Umum, dan dapat lagi penelitian di bidang Biologi dengan judul Successi…. Terimakasih Pak Azwir staf Pengajaran Jurusan Biologi FMIPA UNP Padang beliau lah yang pertama kali memberi kesempatan dan kepercayaan untuk membuat media pembelajaran, sapaan sehari-hari Pak Ing.

Tahun 2007 penelitian Hypertext  dilanjutkan ke tahap 2, tapi dalam pembuatannya tidak saya buat dengan menggunakan Visual Basic, tapi dengan menggunakan flash dan ternyata hasilnya lebih baik. Tidak lama kemudian dapet lagi yaitu dengan judul Media Pembelajaran Matematika Geometri Dimensi 3…. Wahh… lumayan juga dengan mempelajari media pembelajaran jadi banyak dapet projek, tentu ya lumayan biasanya kemana-mana naik roda dua sekarang roda empat… walaupun jelek…. Heehehehe..

Dan tahun 2008 gimana….. masih dalam proses….

Tapi katanya susah….  dalam membuat media pembelajaran… Kok Proyeknya banyak….

Proses Penelitian

Setiap judul penelitian selalu didamping oleh empat orang mahasiswa yang sedang melakukan praktek mengajar. Sehingga setiap materi penelitian digunakan untuk mengajar oleh empat orang mahasiswa secara bergantian. Pada pembuatannya agar hasilnya memuaskan untuk diajarkan ke siswa, harus divalidasi oleh beberap orang mahasiswa kependidikan tingkat akhir dan dibimbing oleh dosen yang berpengalaman dalam pembelajaran materi yang dibuat. Pembuatan Materi dilakukan secara bertahap yaitu satu materi setiap kali tatap muka dengan siswa, Jadi pada pertemuan pertama disampaikan oleh mahasiswa 1, apabila ada kelemahan diperbaiki dan akan disampaikan oleh mahasiswa ke 2 tentunya pada kelas yang berbeda bahkan sekolahnya berbeda, ada masalah lagi diperbaiki dan dipergunakan untuk mahasiswa ke tiga dan keempat …

Dari Proses tersebut di atas penulis banyak mendapatkan ilmu pengetahuan tentang media pembelajaran karena setiap dalam proses pembuatan media pembelajara n selalu di validasi dan di bimbing dengan dosen yang berpengalaman dalam konsep pembelajaran  dan materi yang dibuat yang terakhir  diimplementasikan langsung ke siswa… berulang-ulang lagi….

Pada saat validasi terhadap materi yang telah dibuatkan media pembelajarannya biasanya tidak banyak komentar karena penulis mengambil dari berbagai sumber buku bidang studi dirangkum menjadi inti materi yang sederhana sehinga mudah untuk dipahami. Pertanyaan terakhir dari mahasiswa pada saat validasi adalah Pak Ahmad dengan apa membuatnya ajarin donk…… berari validasi sukses…. Deeh…

 Kalau begitu penulis memang enggak salah mendesain media pembelajaran yang benar-benar memenuhi konsep pembelajaran itu sangat susah…. Saran penulis jangan sembarangan membuat media pembelajaran, nanti salah konsep … kan bisa berbahaya …

Permasalahan

Permasalahan yang sering ditemui pada saat mendesain media pembelajaran oleh penulis adalah pada saat penulis harus mempelajari materi yang akan disampaikan pada media pembelajaran, bayangin aja orang computer kok harus mempelajari system reproduksi, pencernaan, reproduksi, matematika geometri, bahkan kimia dll.  

Kalau sudah menguasai materinya langkah selanjutnya adalah mendesain media pembelajaran ini masalah juga karena penulis harus mikir…. Lucunya membuat menu utama aja bisa lama sekali mikirnya … bayangkan aja gambar gini enggak bagus… gambar gitu enggak bagus… model ini jelek, akhirnya asal-asala aja, poles sana poles sini, semprot sana semprot sini, bengkok sana bengkok sini eh… kok bagus juga hasilnya… ya…  

Desain materinya gimana …. Bayangin aja contoh waktu membuat system pencernaan, mau menceritakan gambar nasi… susah membuatnya…. Akhirnya gambar buah aja yang dimakan, kan gambarnya mudah.. terus proses dari mulut sampai ke anus … bagaimana…. ? mikir lagi….

Atau membuat contoh urat syaraf refleksi… apa bagusnya…. Yaa…  lama kali mikirnya…. Lagi mikir-mikir mati lampu saya hidupkan lilin… begitu menghidupkan api tangannya terkena terkejut karena panas. WAh ini bisa dijadikan contoh gambarnya gampang… animasinya pun gampang…. Hasilnya memuaskan.

Yang paling rumit membuat animasi system reproduksi… pada saat menggambar sperma atau spermatogenesis atau OOgenesisnyaa…. Pokok bisa ketawa tapi enggak parno lo….

Tapi kalau sudah selesai…. Bisa ketawa sendiri… heehehehe… gak taunya gampang… eh…. Bagus juga hasilnya….

Belajar Konsep Pembelajaran

Belajar tentang pembelajaran sih enggak sengaja… soalnya ditempat saya kerja kan sering diadakan seminar tentang pembelajaran… jadi biasanya tugas saya menyiapkan fasilitas seperti computer, lcd,.. jadi dengan tidak sengaja setiap kali seminar saya selalu ikut… terus saya minta materi aja ke pemakalahnya dan saya baca.. gitu

Belajar Disain Grafis

Gini ceritanya pada suatu hari labor computer tempat saya bekerja digunakan untuk pelatihan disain grafis nara sumbernya dari tanah jawa dari UI lo… pelatihan ini diperuntukkan untuk dosen muda diseluruh UNP.. karena saya staf tu kagak ikut lagian yang dipelajari photoshop dan corel draw…. Ya .. baca buku aja atau minta modulnya bisa dicoba sendiri….

Nara sumbernya berjumlah tiga orang…. Ternyata mereka perokok… terus… di labor kom kan dilarang keras merokok…. Terus mereka duduk duduk di ruangan penulis, walaupun ruangnya AC tapi ada asbak rokok     berarti boleh merokok … lawong penulis juga perokok… satu mengajar di labor. Dua duduk di ruangan penulis sambil merokok dan minum kopi … kesempatan minta ajarin konsep dari desain grafis…. Ternyata mereka enggak pelit, dan selama tiga hari saya banyak sekali belajar tentang konsep dan implementasi disain grafis dengan tiga orang ahli disain grafis lagi ….  Keren kan…

Yang dipelajari diantaranya adalah pewarnaan, ternyata dalam pewarnaan harus disesuaikan dengan kondisi pemakai… apakah anak-anak, remaja atau dewasa… gampangnya pewarnaan yang kita buat belum tentu cocok dengan orang yang akan menggunakan. Menggambar objek… untuk menggambar objek buah itu terdiri dari banyak objek… kalau di flash berarti satu objek gambar buah banyak layer membuatnya …, terus untuk menghasilkan warna yang bagus ternyata gabungan dari beberapa warna yang lain… kayak mengaduk cat untuk tembok… tapi mengaduknya dengan computer gitu…

Keuntungan Belajar Media Pembelajaran

Dengan mempelajari Software flash, desain grafis dan konsep pembelajaran maka dapat dengan mudah untuk mendesain media pembelajaran dan yang tidak kalah pentingnya kita akan kaya terhadap materi yang pernah kita buatkan medianya. Contoh simpelnya dulu penulis susah sekali memahami geometri tapi dengan pernah membuat media pembelajaran geometri sekarang penulis tahu walaupun enggak bidangnya… tapi sebatas yang pernah di buat di dalam media.

Dan sekarang Penulis mulai sering diundang untuk memberi pelatihan disain media pembelajaran, dan pernah juga menjadi nara sumber seminar guru-guru Biologi se Sumatera Barat walaupun Cuma staf IT lho…. Eh udah 4 semester ini penulis menjadi dosen pendamping di pascasarjana untuk mengajarkan media pembelajaran matematika dengan komputer, lumayan lah honornya gede…., seminim-minimnya sekarang ini tempat konsultasi mahasiswa yang tugas akhir atau skripsi tentang media pembelajaran….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: