PELATIHAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PELATIHAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN  MATEMATIKA

Di SMA Negeri 9 Padang

Sumatera Barat

——–
Oleh : Ahmad Rizal Abidin, S.Kom

Perkembangan teknologi pendidikan di dunia pendidikan semakin pesat, ini dapat dilihat di sekolah-sekolah fasilitas teknologi sudah mulai ditingkatkan, pelatihan-pelatihan dalam memanfaat teknologi ICT sudah sering dilakukan, salah satunya yang diadakan di SMA Negeri  9 Kota Padang, Sumatera Barat. Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 4 SMA yaitu SMA N 6, SMA N 4, SMA N 3 dan SMA N 9 yang merupakan SMA yang dipersiapkan untuk standar nasional. Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran ini diagendakan empat bidang studi matematika, biologi, kimia  dan Fisika. Dan Alhamdullilah, Penulis mendapatkan 2 kegiatan untuk menjadi nara sumber yaitu matematika di  SMA N 9 dan biologi yang diadakan di SMA N 6 Padang.

Dengan berbekal kemauan yang tinggi, peserta pelatihan yang terdiri dari guru-guru bidang studi matematika, mengikuti kegiatan pelatihan desain media pembelajaran yang diadakan pada hari minggu tanggal 30 November 2008.

Materi pelatihan pun dipersiapkan mulai dari pengenalan terhadap perangkat keras multimedia untuk pembelajaran software yang digunakan dan bagaimana mendesain materi yang akan disajikan sampai dengan implementasi pembuatan media pembelajaran.

Kegiatan ini  menunjukkan kebutuhan lembaga pendidikan dalam mengembangkan multimedia mulai meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

Dalam kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan memiliki :

1.      Memiliki kemampuan dalam memilih materi yang akan disajikan di dalam media pembelajaran. Ini untuk meluruskan agar peserta tidak beranggapan semua materi dapat dibuatkan media pembelajaran. Contohnya : dibidang matematika materi yang baik dibuatkan media pembelajarannya adalah Geometri, salah satu alasannya adalah agar efisien dalam kegiatan belajar mengajar, karena guru tidak perlu menggambar dipapan tulis, tetapi sudah dibuatkan di dalam media sehingga kegiatan pembelajaran dapat diperbanyak dalam bentuk diskusi.

 

2.      Dapat memilih software yang dapat digunakan dengan mudah dalam mengimplementaskan media pembelajaran. Karena software pada saat ini sangat banyak sekali yang dapat digunakan.

 

3.      Mengetahui konsep dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Komputer

 

4.      Yang terpenting…dengan  memiliki kemampuan dalam mendesain media pembelajaran, berarti peserta sangat menguasai materi yang akan disajikan. Ini dikarenakan membuat animasi dalam media pembelajaran itu mudah tetapi sejauh mana si pembuat menguasai materi yang akan disajikan, sehingga akan dipahami oleh siswa.

 

Alhamdullilah pelaksanaan kegiatan pelatihan ini berjalan lancar dan peserta sangat puas dengan apa yang telah didapatkan di dalam pelatihan, dan penulis membuka diri untuk berkonsultasi secara berkelanjutan dalam mendesain media pembelajaran, disela-sela kesibukan yang penulis lakukan. Moga saja apa yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk peserta dan untuk kita semua… amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: