Modul 1. PENGANTAR PEMROGRAMAN C++

Modul 1. PENGANTAR PEMROGRAMAN C++
Ahmad Rizal Abidin, M.Kom

PENGANTAR C++
C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di laboratorium Bell pada awal tahun 1980-an, sebagai pengembangan dari bahasa C. Saat ini, C++ merupakan salah satu bahasa yang paling populer untuk pengembangan software berbasis OOP. Kompiler untuk C++ telah banyak beredar di pasaran. Software developer yang paling diminati adalah Borland Inc. dan Microsoft Corp. Produk dari Borland untuk kompiler C++ adalah Turbo C++, Borland C++, Borland C++ Builder. Sedangkan dari Microsoft adalah Ms. Visual C++. Walaupun banyak kompiler yang tersedia, namun pada intinya bahasa pemrograman yang dipakai adalah C++. Sebelum mulai melakukan kode program, sebaiknya diingat bahwa C++ bersifat “case sensitive”, yang artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan.

STRUKTUR BAHASA C++
Struktur penulisan bahasa C dapat dilihat dari contoh berikut :
// komentar …
#include
#include
void main ()
{
cout << "Program Pertama";
cout << "Selamat Belajar C++";
getch();
}
Program di atas, misalnya dapat disimpan dengan nama latih1.cpp. Cara untuk menyimpan dan mengkompile program berbeda-beda, tergantung kompiler yang dipakai. Ketika di-run, maka di layar akan muncul sebuah tulisan “Selamat Belajar C++”.
// Komentar
merupakan sebuah baris komentar. Semua baris, yang ditandai dengan dua buah tanda slash (//), akan dianggap sebagai baris komentar dan tidak akan berpengaruh pada hasil. Biasanya, baris komentar dipakai oleh programmer untuk memberikan penjelasan tentang program.
Baris komentar dalam C++, selain ditandai dengan (//) juga dapat ditandai dengan (/*….*/) ini digunakan apabila komentar tersebut lebih dari satu baris
#include
pernyataan yang diawali dengan tanda (#) merupakan pernyataan untuk menyertakan preprocessor. Pernyataan ini bukan untuk dieksekusi. #include berarti memerintahkan kompiler untuk menyertakan file header iostream.h. Dalam file header ini, terdapat beberapa fungsi standar yang dipakai dalam proses input dan output. Seperti misalnya perintah cout yang dipakai dalam program utama.
void main ()
baris ini menandai dimulainya kompiler akan mengeksekusi program. Pernyataan main sebagai penanda program utama. Adalah suatu keharusan, dimana sebuah program yang ditulis dalam bahasa C++memiliki sebuah main. main diikuti oleh sebuah tanda kurung () karena main merupakan sebuah fungsi. Dalam bahasa C++ sebuah fungsi harus diikuti dengan tanda (), yang nantinya dapat berisi argumen. Dan sintak formalnya, sebuah fungsi dimulai dengan tanda {}, seperti dalam contoh program.
cout << "Program Pertama";
cout << "Selamat Belajar C++";
perintah ini merupakan hal yang akan dieksekusi oleh compiler dan merupakan perintah yang akan dikerjakan. cout termasuk dalam file iostream. cout merupakan perintah untuk menampilkan ke layer.

Perlu diingat, bahwa setiap pernyataan dalam C++ harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) untuk memisahkan antara pernyataan satu dengan pernyataan lainnya.

getch();
digunakan untuk meminta inputtan dari keyboard.

return 0;
pernyataan return akan menyebabkan fungsi main() menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main. Dalam hal ini, yang dikembalikan adalah nilai 0.

TIPE DATA
Terdapat 5 tipe data bawaan dari bahasa C, yaitu : void, integer, float, double, dan char.
void diartikan sebagai tanpa tipe data dan tanpa pengembalian nilai
int bilangan bulat (integer)
float bilangan pecahan (floating point)
double bilangan pecahan dengan jangkauan data yang lebih luas
char Karakter

Sedangkan C++ sendiri menambahkan dua buah tipe data lagi, yakni: bool dan wchar_t.
bool isi bilangan Boolean (True dan False)
wchar_t wide character

VARIABEL
Berbeda dengan pendeklarasian variabel di bahasa pemrograman lain, dalam C++ sebelum mendeklarasikan variabel, hal pertama yang harus dideklarasikan adalah tipe data yang akan digunakan untuk menampung data.
Format penulisannya adalah :
Tipe_data pengenal = nilai ;
Sebagai contoh :
int a;
float nomor;
atau dapat juga pemberian nilai awal untuk variable dilakukan pada saat deklarasi,
contoh :
int a=10;
char s=’a’;

Jika hendak mendeklarasikan beberapa variabel sekaligus dengan tipe data yang sama, dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
int a;
int b;
int c;
atau dapat disederhanakan dengan deklarasi :
int a,b,c;

Perhatikan contoh berikut:

// bekerja dengan variabel
#include
int main ()
{
// inisialisasi variabel :
int a, b;
int hasil;
// proses :
a = 5;
b = 2;
a = a + 1;
hasil = a – b;
// cetak hasilnya :
cout << hasil;
// menghentikan program :
return 0;
}

KONSTANTA
Konstanta mirip dengan variable, namun memiliki nilai tetap. Konstanta dapat berupa nilai Integer, Float, Karakter dan String. Pendeklarasian konstanta dapat dilakukan dengan 2 cara :

menggunakan (#define)
deklarasi konstanta dengan cara ini, lebih gampang dilakukan karena akan menyertakan
#define sebagai preprocessor directive. Dan sintaknya diletakkan bersama – sama dengan pernyataan #include (di atas main()).

Format penulisannya adalah :
#define pengenal nilai
Contoh penggunaan :
#define phi 3.14159265
#define Newline ‘\n’
#define lebar 100
pendeklarasian dengan #define tanpa diperlukan adanya tanda = untuk memasukkan nilai ke dalam pengenal dan juga tanpa diakhiri dengan tanda semicolon(;).
menggunakan (const)
Sedangkan dengan kata kunci const, pendeklarasian konstanta mirip dengan deklarasi variable yang ditambah kata depan const.
Contoh :
const int lebar = 100;
const char tab = ‘\t’;
const zip = 1212;

Untuk contoh terakhir, deklarasi variable zip yang tanpa tipe data, maka compiler akan secara otomatis memasukkannya ke dalam tipe int.

KARAKTER & STRING LITERAL
String adalah gabungan dari karakter
Contoh : “ Belajar “ à Literal String
“ B “ à Karakter
Panjang String
strlen() à nama fungsi untuk menghitung panjang string
Fungsi strlen() dideklarasikan dalam file string.h.
Jadi bila anda ingin menggunakan fungsi strlen(),
maka prepocessor directive #include
harus dimasukkan dalam program diatas main().

#include
#include
#include
void main()
{
cout << strlen ("Selamat Sore \n") <<endl;
cout << strlen ("Selamat Sore ") <<endl;
cout << strlen ("Selamat ") <<endl;
cout << strlen ("Sore ") <<endl;
cout << strlen ("") <<endl;
getch();
}

TIPE BENTUKAN
Merupakan tipe yang dibentuk dari tipe dasar. Seperti Tipe Struktur.

TIPE STRUKTUR
Suatu tipe data yang merupakan kumpulan dari tipe data lainnya. Struktur terdiri dari data yang disebut field. Field – field tersebut digabungkan menjadi satu tujuan untuk
kemudahan dalam operasi.
Bentuk umumnya :
tyedef struct{ tipe nama_field1;
tipe nama_field2;
tipe nama_field3;
. . . .

#include
#include
typedef struct { int tanggal;
int bulan;
int tahun;
} data_tunggal;
data_tunggal tanggal_lahir;
void main()
{
tanggal_lahir.tanggal = 8;
tanggal_lahir.bulan = 2;
tanggal_lahir.tahun=2005;

cout << tanggal_lahir.tanggal << '/'
<< tanggal_lahir.bulan << '/'
<< tanggal_lahir.tahun << '/' <<endl;
getch();
}

6. OPERATOR
Dalam C++, terdapat berbagai macam operator yang dapat dimanfaatkan dalam aplikasi.
Operator Assign (=)
Operator (=), akan memberikan nilai ke dalam suatu variable
lvalue a = 5 rvalue
artinya memberikan nilai 5 ke dalam variable a. Sebelah kiri tanda = dalam pernyataan di atas, dikenal dengan lvalue (left value) dan di sebelah kanan tanda = dikenal dengan rvalue (right value). lvalue harus selalu berupa variable, sedangkan rvalue dapat berupa variable, nilai, konstanta, hasil operasi ataupun kombinasinya
Operator Aritmatika ( +, -, *, /, %)
Untuk operator %, sama dengan modulus, yaitu untuk mengetahui sisa hasil bagi. Misalnya a = 11 % 3, maka variable a akan terisi nilai 2 karena sisa hasil bagi 11 dan 3 adalah 2.
Operator Majemuk ( +=, -=, *=, /=, %=, <>=, &=, |= )
Dalam C++, operasi aritmatika dapat disederhanakan penulisannya dengan format penulisan operator majemuk.
Misalnya :
a += 5 sama artinya dengan menuliskan a = a+5
a *= 5 sama artinya dengan menuliskan a = a*5
a /= 5 sama artinya dengan menuliskan a = a/5
a %= 5 sama artinya dgn menuliskan a = a % 5

Operator Penaikan dan Penurunan (++ dan –)
Operator penaikan (++) akan menaikkan atau menambahkan 1 nilai variable. Sedangkan operator (–) akan menurunkan atau mengurangi 1 nilai variable.
Misalnya :
a++;
a+=1;
a=a+1;
untuk ketiga pernyataan tersebut, memiliki arti yang sama yaitu menaikkan 1 nilai variable 1.
Karakteristik dari operator ini adalah dapat dipakai di awal (++a) atau di akhir (–a) variable. Untuk penggunaan biasa, mungkin tidak akan ditemui perbedaan hasil dari cara penulisannya. Namun untuk beberapa operasi nantinya harus diperhatikan cara peletakan operator ini, karena akan berpengaruh terhadap hasil.

Operator Relasional (==, !=, >, =, 6)) mengembalikan nilai false, karena (true && false)
untuk logika NOT (!), contohnya !(5==5) akan mengembalikan nilai false, karena !(true).

Operator Kondisional ( ? )
Format penulisan operator kondisional adalah : kondisi ? hasil1 : hasil2
Jika kondisi benar maka yang dijalankan adalah hasil1 dan jika kondisi salah, maka akan dijalankan hasil2

Latihan 2
#include
#include
main()
{
int a
float b
char c
double d
clrscr();
a= 20;
b= 3.14;
c= ‘A’;
d= 4.45E+20;
cout <<"Nilai dari a adalah : " << a <<endl; /* Menampilkan isi variable x */
cout <<"Nilai dari b adalah : " << b <<endl; /* Menampilkan isi variable y */
cout <<"Nilai dari c adalah : " << c <<endl; /* Menampilkan isi variable z */
cout <<"Nilai dari d adalah : " << d <<endl;
getch();
}

Latihan 3
#include
void main()
{
clrscr();
cout <<”Nilai dari 10 – 5 = ” << 10 – 5 <<endl;
cout <<”Nilai dari 10 * 5 =” << 10 * 5 <<endl;
cout <<”Nilai dari 10 / 5 = “<< 10 / 5 <<endl;
cout <<”Nilai dari 10 % 5 =” << 10 % 5 <<endl;
cout <<”Nilai dari 10 + 5 = “<< 10 + 5 <<endl;
getch();
}

Latihan 4

/Pengonversian Type
#include
#include
int main()
{
char karakter =’A’;
int nilai;
nilai =(int) karakter;
cout <<"Nilai Ascii = " << karakter << nilai;
getch();
return 0;
}

Latihan 5
#include
main()
{
const float phi = 3.15;
float jari-jari, luas;
jari_jari= 7.0;
luas =0.5 * phi *jari-jari*jari-jari;
keliling = 2 * phi * jari-jari;

cout << "Luas Lingkaran = " << luas << endl;
cout <<"keliling Lingkaran =" << keliling;
getch();
return 0;
}

@Ahmad
Selamat Mencoba…

One Response

  1. makasih banyak pak infonya… sangat membantu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: