Basis Data

Basis Data

Basis data sebagai “Koleksi dari data yang terorganisasi dengan cara sedemikian rupa sehinga data  mudah disimpan dan dimanipulasi (diperbaharui, dicari, diolah dengan perhitungan-perhitungan tertentu, serta di hapus). Secara mendasar, database bisa dikatakan sebagai kumpulan data, disimpan dalam file, bisa dalam satu file atau pun beberapa file, dimana antara file-file tersebut saling terelasi antara file yang satu dengan file yang lain. Dalam sistem informasi berbasis komputer maka database merupakan kumpulan data yang distrukturkan sehingga memungkinkan kemudahan dalam pemrosesan untuk menghasilkan suatu informasi.  Sementara yang dikatakan dengan Data merupakan sebuah fakta tentang sesuatu dalam dunia nyata (dapat berupa angka, deretan karakter, simbol dan gambar) yang dapat direkam dan disimpan pada media computer dan yang dikatakan informasi  sebagai hasil pengolahan data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga memiliki makna tertentu bagi pengguna.

Didalam membangun Basis data banyak sekali tool yang dapat digunakan atau yang sering disebut dengan istilah DBMS (Database Management System) yaitu system yang digunakan untuk membangun database dari mulai pendefinisian database, pengelolaan data, maintanance data sampai dengan pengaturan siapa saja yang dapat mengakses dan menggunakan database tersebut. Komponen-komponen didalam DBMS mencakup Perangkat Keras (Hardware), Sistem Operasi (Operating System), Basis Data (Database), Perangkat Lunak (Sofware) dan Pengguna (User). Selain DBMS ada istilah yang tidak kalah pentingnya yaitu RDBMS (Relational Database Management System) Merupakan salah satu model dari suatu sistem manajemen database. Sistem manajemen database relasional memiliki komponen dasar yaitu (1) Database, tempat menyimpan data (repository) yang distrukturkan dalam tabel-tabel; (2) Sistem Manajemen, Software yang memungkinkan data dapat dimasukkan, diubah, diambil kembali (dibaca), dicari, dan dihapus recordnya; dan (3) Relational, menunjukkan bahwa data yang ada di dalamnya, data pada suatu tabel dapat berhubungan dengan data yang ada pada tabel lainnya. Beberapa RDBMS yang terkenal saat ini : Oracle, Sybase, MS SQL Server, Interbase, Informix, CA Open Ingres, PostgreSQL, MySQL, dan MS Accesss. 

Unek-unek

Kata Orang Bijak Database sangat mudah dipelajari, tapi nyatanya implementasi database jauh dari pada yang diharapkan, faktanya ditempat kita, di sekolah, kuliah, kerja, instansi dll, apakah sudah dimaksimalkan penggunaan database ????????????????????

10 Responses

  1. tolong berikan contoh dong…sintak untuk memanggil query…trserah apa aja…klo ble krimin modulnya…mklum!!!

  2. tolong beri tahu saya dong, bagai mana buat mengerti perintah-perintah delphi 7. terima kasih , saya tunggu y

    • Untuk mempelajari pemrograman minimal 3 komponen yang harus dipahami :
      1. aritmatik
      2. Analitik
      3. Algoritma
      dan untuk mempelejari bahasa pemrograman tentu harus memahami struktur dari bahasa pemrograman tersebut…
      tentunya harus rajin membaca dan mencoba…

  3. sorry ya pak aku belum punya website nya ,, sorry

  4. Salam kenal bang Ahmad Rizal Abidin, Saya sudah dua tahun ini belajar membuat website dan saya pingin sekali mahir di bidang pembuatan website dengan menggunakan Bahasa Program PHP,MYSQL,SQL Bang, Tapi setiap kali saya mencoba membuat website dengan PHP, MYSQL,SQL, Aphace menggunakan Dreamweaver dan XAMPP tapi selalu gagal dan hasilnya error trus, Mohon bantuaannya bang kalau ada modulnya yang bisa cepat mengerti Bahasa Program PHP,MYSQL,SQL di Xampp mohon dikirimkan bang ya?. terimakasih atas bantuannya sebelumnya.

    • Wasalam…
      Kalau ingin belajar membuat web
      1. tentunya ada buku panduan yang bagus… saran saya anda bisa beli di http://bukulokomedia.com/home buku cukup lumayan bagus dan lengkap.
      2. Anda harus menguasai dasar-dasar HTML… baru belajar PHP
      3. terus buatlah website yang sederhana terlebih dahulu… sampai publis ke internet pakai aja domain yang gratisan… baru anda angsur-angsur pengembangnya.
      4. website dibangun per file jadi kalau ada yang error anda bisa diskusikan di forum atau di blog ini… file yang error tersebut…
      5. jangan bosan-bosan untuk belajar… dan jangan berhenti sebelum sukses…
      ….
      modulnya ada di categories pemrogramawan web 1…. coba aja dari awal… moga membantu

  5. mas aku coba buat program akuntansi, (buku besar) pake delphi 7 dan mysql, kasus yang aku hadapi seperti dibawa ini :

    col A Col B Col C
    10 5 5 Rumus 10 – 5
    15 10 10 Rumus 5 + 15 – 10
    30 5 35 Rumus 10 + 30 – 5

    Col C adalah akumulai Col C baris sebelumnya + Cal A – Col B, mohon pencerahannya mas, ginama sintak penulisan rumusnya dan rumusnya diletakkan di dimana…?

  6. Assalamu’alaiku wr,wb…
    slm knal bg..
    trima ksih untuk ilmu2nya y bg..
    mdh2n brgna buat saya…
    klu bsa bg,modul dreamweaver ad jga bg…
    skli lgi trima ksih y bg…

  7. Assalamu’alaiku wr,wb…
    Pak ahmad,, ada Modul Algoritma C++ untuk pembelajaran di rumah..??

  8. bangai mna cara saya menghugi anda

Leave a comment